Peran Bidan

Peran Bidan

Peran BidanDiantara teman-teman mungkin ada yang bertanya, bidan itu tugas nya apa aja sih? Sedikit saya coba menuliskan nya disini, menurut Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Bidan merupakan salah satu cabang profesi dalam bidang kesehatan, yang memiliki kewenangan dalam memberikan Pelayanan Kebidanan (Kesehatan Reproduksi) kepada perempuan remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, bersalin, nifas, masa interval, klimakterium, dan menopause, bayi baru lahir, anak balita dan prasekolah. Wah, banyak juga ya pasien bidan? dan selain itu Bidan juga berwenang untuk memberikan Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Masyarakat.

Peran bidan. Masih menurut IBI, Peran aktif Bidan selama ini dalam pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana sudah sangat diakui oleh semua pihak. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa 66% persalinan, 93% kunjungan ante natal (K1), 80% dari pelayanan Keluarga Berencana dilakukan oleh Bidan. Peranan Bidan dalam pencapaian 53% prevalensi pemakaian kontrasepsi, 58% pelayanan kontrasepsi suntik dilakukan oleh Bidan Praktek Swasta dan 25% pemakai kontrasepsi pil, 25 % IUD dan 25 % implant dilayani oleh Bidan Praktek Swasta (Statistik Kesehatan 2001).

Dari data diatas didapat informasi bahwa peran serta bidan begitu besar dalam memberikan pelayanan pada kesehatan reproduksi dan program Keluarga Berencana (KB), oleh karena itu dari tahun ke tahun, permintaan masyarakat terhadap peran aktif Bidan dalam memberikan pelayanan terus meningkat. Ini merupakan bukti bahwa eksistensi Bidan di tengah masyarakat semakin memperoleh kepercayaan, pengakuan dan penghargaan.

Berdasarkan hal inilah, Bidan dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya termasuk pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Karena hanya melalui pelayanan berkualitas pelayanan yang terbaik dan terjangkau yang diberikan oleh Bidan, kepuasan pelanggan baik kepada individu, keluarga dan masyarakat dapat tercapai.

Dengan gambaran diatas saya harap teman-teman dapat lebih mengetahui peran bidan yang ada di tengah masyarakat saat ini, jadi bidan itu gak hanya bertugas membantu dalam proses persalinan atau melahirkan saja ya.. melainkan juga punya peran lain nya. Dan saya terlepas dari begitu banyak kekurangan akan selalu berusaha memberi yang terbaik yang saya miliki untuk mensukseskan peran bidan tersebu, bagi teman-teman bidan di seluruh indonesia, Salam Hangat dari saya Bidan Rini dan saya yakin semangat ibu-ibu bidan sekalian dalam menjaga kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak dalam masyarakat Indonesia akan dinilai suatu kebaikan dan ibadah oleh Allah SWT, Amien..

2 Tanggapan

  1. […] Delima adalah suatu program terobosan strategis untuk peran bidan mencakup […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: